-A A +A
Versi ramah cetakPDF version

Karena kota adalah kanvasmu

Deasy Elsara
11 Maret 2011


Ada yang sedikit berbeda ketika saya melewati Jalan Asia-Afrika, Jakarta Pusat, di akhir Desember 2010. Di salah satu tiang monorel terdapat gambar menu "klik kanan" pada tetikus (mouse) komputer. Kursor tetikus terlihat aktif menunjuk menu "Delete". Yang ada di pikiran saya saat itu adalah cibiran, "Yah, andaikan segampang mengklik kanan untuk menghilangkan tiang-tiang yang nggak berguna ini."

Belakangan saya baru tahu bahwa gambar tersebut merupakan bagian dari seri karya berjudul Klik Kanan yang dibuat oleh salah satu peserta Lokakarya Street Art Jakarta 32°C, yang tergabung dalam kelompok Laskar Artup. Jakarta 32°C sendiri adalah agenda rutin dua tahunan yang diadakan oleh ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa kontemporer di Jakarta. Acara ini mewadahi para mahasiswa Jakarta dalam memamerkan karya-karya visual. Meski sudah diadakan sejak 2004, namun baru pada 2010 Jakarta 32°C mengadakan lokakarya street art yang kali ini dibimbing langsung oleh seniman street art Bujangan Urban dari Artcoholic dan Popo dari Kampung Segart.

Lokakarya yang diadakan pada Oktober - November 2010 silam ini mengangkat tema Bongkar Jakarta. Dokumentasi dan artefak lokakarya turut dipresentasikan dalam sesi pameran Jakarta 32°C di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, pada 28 Desember - 12 Januari 2010. Dengan tema tersebut, setiap peserta diharapkan mampu membuat karya-karya yang dapat merespon beragam fenomena dan persepsi yang berkembang di Jakarta, mulai dari mobilitas penduduk, identitas, stereotipe dan ingatan kolektif masyarakat kota, hingga ruang dan peristiwa massa.

Dengan berbagai pertimbangan, peserta lokakarya dibatasi hanya bagi mereka yang memiliki portofolio yang cukup, sebab persoalan teknis tak lagi dibahas secara terperinci. Mengingat tema lokakarya cukup kompleks, wajar bila panitia lebih mengutamakan peserta dengan jam terbang yang cukup, berpengalaman membuat karya-karya street art, serta tahu bagaimana cara meracik isu menjadi sebuah karya yang sarat pesan. Ada tujuh peserta yang terpilih, dua di antaranya kelompok, sisanya individu, dan mereka adalah kelompok Sevensoul, kelompok Laskar Artup, Abi Rama, Sidvizeus, Angganoa, Ashtwo, dan Bonds.

Dalam membuat karya, tiap peserta menggunakan teknik yang berbeda. Abi Rama, Ashtwo, Bonds, dan kelompok Sevensoul memakai cat tembok yang dikombinasikan dengan cat semprot dan spidol. Sementara kelompok Laskar Artup dan Sidvizeus menuangkan ide dan gagasan mereka ke dalam bentuk wheat paste, yaitu gambar di atas kertas yang ditempel dengan menggunakan perekat dari tepung kanji (tapioka/aci) yang dididihkan. Wheat paste juga dikenal dengan nama Marxist glue, sebab di masa lampau kerap digunakan oleh organisasi beraliran kiri. Kini cara itu diadopsi untuk berbagai aksi seni rupa, termasuk dalam membuat karya street art, meskipun karyanya tak selalu bermuatan politis. Rudi, salah seorang anggota kelompok Laskar Artup, mengaku pada awalnya mereka berniat membuat karya Klik Kanan dalam bentuk mural atau stensil, namun mengingat jumlah karya dan titik lokasi penyebaran yang cukup banyak, akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan wheat paste. Selain praktis, lebih hemat waktu dan uang.

Isu-isu yang diangkat oleh kelompok Laskar Artup dalam Klik Kanan cukup beragam, meskipun secara tampilan, karya mereka cukup sederhana, yakni hanya berupa menu "klik kanan" pada tetikus tanpa ada teks tambahan. Empat "anjuran" yang mereka muat dalam karya ini antara lain Delete, Refresh, dan Send to. Dalam Delete, mereka “menganjurkan” agar benda-benda yang terpilih segera dibongkar. Pada Refresh, mereka berharap adanya pembaruan pada benda-benda yang kondisinya sudah tak layak. Sementara pada Send to, kelompok ini menganggap bahwa beberapa benda sebaiknya dipindahkan ke daerah lain karena dirasa sudah tak layak lagi untuk ditempatkan di Jakarta.

Contoh pertama adalah karya Delete pada tiang monorel di Jalan Asia-Afrika, Jakarta Pusat, yang pertama kali saya lihat itu (Gambar 1). Karya sederhana ini merespon keberadaan tiang-tiang monorel di sepanjang jalan yang masih tegak berdiri, meski proyeknya sendiri telah bertahun-tahun mandek karena persoalan dana. Kini, tujuh tahun sudah sejak pemancangan tiang pertamanya pada 2004, tiang-tiang tersebut masih berdiri di sepanjang Jalan Asia-Afrika hingga Jalan Gelora. Selain sia-sia dan tidak sedap dipandang, kehadirannya membuat arus lalu lintas di Jalan Gelora, tepat di belakang Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), menjadi tersendat. Lebar jalan yang tak seberapa semakin terkikis dengan adanya tiang-tiang yang mejeng di badan jalan. Ya, tidak semua tiang monorel berada di pembatas jalan seperti yang ada di situ. Persoalan-persoalan inilah yang membuat kita pada akhirnya berharap dapat menghilangkan tiang-tiang tersebut semudah "mengklik kanan".

Selain monorel, Laskar Artup juga menyentil bajaj. Dengan memberi tanda Send to, secara tidak langsung kelompok ini mengatakan bahwa sudah saatnya bajaj dipindahkan ke daerah lain, karena sudah tidak sesuai dengan kondisi Jakarta saat ini. Tak hanya isu transportasi, Laskar Artup juga merespon benda-benda seperti kotak pengaduan masyarakat milik Polsek Metro Kebayoran Baru, gerobak nasi goreng, tempat sampah, serta dinding terowongan, yang seluruhnya ditempeli wheat paste Refresh. Kondisi benda-benda tersebut memang sudah tidak prima, sehingga mesti segera diperbarui. Di lokasi lain, tepatnya di Jalan Blora, ada baliho yang ditempeli karya Delete karena penempatannya yang terlalu rendah mengganggu pejalan kaki. Belasan benda yang direspon Laskar Artup tersebar di sembilan lokasi. Seluruhnya memiliki "anjuran" yang berbeda, sesuai dengan menu klik kanan pada tetikus.


Gejolak kawula muda
Pada topik gaya hidup dan anak muda, Bonds berhasil menarik perhatian dengan mural berukuran 8 x 3 meter. Mural itu bergambar seorang perempuan berambut panjang dan hanya mengenakan bra (Gambar 2). Di sampingnya ada teks "Sedia Tisu Sebelum Nafsu". Gambar perempuan seksi dan teks tersebut diapit gambar mawar merah dalam sebuah bingkai lengkung. Jelas terlihat bawah mural ini terinspirasi oleh stiker kota, jenis stiker teks klasik. Ciri-cirinya sudah jelas: kulit berwarna kuning, benda-benda di sekitarnya memakai warna-warna terang, berbingkai, dan ada tambahan unsur dekoratif. Terlebih lagi, karakter gambarnya identik dengan gambar-gambar orang pada komik roman 1970-an.[1] Dengan gaya nakal dan jenaka, Bonds menyentil keseharian masyarakat hingga ke level yang paling intim. Saat dihubungi melalui surel (surat elektronik), Bonds mengatakan bahwa ia ingin merespon kehidupan seks yang kerap dilakukan anak kost tanpa berniat menghakimi.

Mural ini berada di dinding jembatan layang Grogol, yang terletak di depan Univesitas Trisakti dan Universitas Tarumanagara; sesuai dengan target utama yang ia sasar, yakni para penghuni kost yang sebagian besar berstatus mahasiswa di sekitar kampus itu. Selain mural, ia juga membuat stiker yang awalnya akan ditempelkan di beberapa rumah kost yang ada di sekitar lokasi tersebut, namun batal karena tidak mendapat izin dari pemilik kost. Akhirnya stiker tersebut ia bagikan saat pembukaan pameran di Galeri Nasional Indonesia.

Dalam mural Sedia Tisu Sebelum Nafsu ini, Bonds sukses meracik humor sebagai bumbu utama karya. Mural buatannya mampu membawa orang-orang yang melihat, beranjak dari keadaan telis (tellic state­—keadaan penuh tekanan) ke keadaan paratelis (paratelic state—keadaan lepas dari tekanan).[2] Seks pranikah merupakan isu sensitif di negara ini. Dengan mural ini, isu seks yang sejak lama dianggap sensitif—dan nyaris tabu—untuk dibicarakan, menjadi sebuah topik yang jenaka.

Bonds cukup berhati-hati dalam karya ini. Ia menghindari teks yang terlalu vulgar, namun tetap terbaca nakal dan menggoda. Ia juga lebih memilih pelesetan peribahasa (Sedia payung sebelum hujan) dibandingkan kalimat larangan apalagi ancaman. Dari awal ia tegas mengatakan bahwa ia dan mural ini tidak hadir untuk menghakimi, dan sepenuhnya sadar bahwa seks merupakan hak masing-masing individu.

Masih di topik gaya hidup, peserta lain, Angganoa, menampilkan mural bergambar ikon situs microblogging Twitter. Bedanya, burung biru dalam mural ini digambarkan sedang pusing dan bermoncong babi. Keenam mural buatannya tersebar di lima lokasi, yakni Cilandak, Kemang, Panglima Polim, Fatmawati dan Lebak Bulus. Dua di antaranya menampilkan burung biru yang sedang "keder” tersebut dalam posisi terbalik, contohnya seperti yang terlihat di wilayah Kemang (Gambar 3).

Tak banyak pesan yang dapat kita tangkap dari mural berjudul Keder, yang arti sebenarnya justru “takut”, “gentar”, atau “gemetar”. Ketika melihat burung-burung tersebut sedang “pusing”, saya langsung berpikir bahwa mural tersebut ingin mengatakan kalau "Twitter bisa bikin pusing". Dengan jutaan informasi yang tersebar setiap detiknya di Twitter, tak heran memang jika orang sering lupa untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, dan telanjur asik berlomba menjadi yang pertama menyebarkan informasi kepada yang lain.

Sudah begitu banyak contoh kerancuan yang dapat terjadi di Twitter yang mungkin bisa disampaikan Angganoa lewat Keder. Sayangnya, mural-mural tersebut kurang "berbicara" dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Idiom "gambar berbicara sejuta kata" tampaknya tidak terlalu mengena bagi mural ini. Ketika melihatnya, kita hanya akan mendapat potongan-potongan pesan saja. Butuh waktu lebih untuk mendapatkan pesan yang utuh. Tambahan teks, misalnya "Twitter bikin keder", mungkin dapat membuat mural ini berbunyi lebih nyaring.


Hidup segan, mati ya sudahlah
Peserta selanjutnya, Abi Rama, memilih telepon umum sebagai objek utama dalam mural berjudul Seleksi Alam. Kedua karyanya terdapat di dua lokasi, pertama di tiang monorel di daerah Senayan, dan yang kedua di bawah jembatan layang daerah Tanjung Barat, Jakarta Selatan (Gambar 4).

Mengapa Abi memilih telepon umum sebagai objek utama? Suburnya industri telekomunikasi di Indonesia, secara perlahan mematikan telepon umum dan sarana komunikasi yang lebih dulu ada, Sebagai salah satu pengguna, Abi Rama menghadirkan kembali telepon umum tersebut melalui muralnya. Saat ponsel masih menjadi barang mewah, dan biaya menelepon di wartel juga kurang terjangkau, telepon umum pernah hadir sebagai penyelamat. Di era ponsel sudah menjadi kebutuhan primer seperti saat ini, rasanya sulit mengembalikan peran telepon umum seperti dulu lagi. Wajar jika kemudian masyarakat merasa tidak membutuhkan telepon umum lagi. Hal ini menambah ketidakpedulian pemerintah untuk menjaga keberadaan telepon umum.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah, apakah benar telepon umum sudah menjadi barang yang pantas dimuseumkan? Jika ya, berarti secara tidak langsung Pemprov DKI Jakarta mengatakan bahwa tidak ada lagi yang membutuhkan telepon umum di Jakarta. Rasanya terlalu naif kalau menganggap semua orang mampu berkomunikasi melalui telepon selular, atau setidaknya memiliki telepon rumah. Telepon umum merupakan sarana publik standar yang harus ada. Dengan meniadakan sarana tersebut, berarti pemerintah menghilangkan hak berkomunikasi masyarakat, terutama golongan yang tidak mampu. Selain itu, telepon umum juga berfungsi sebagai sarana darurat. Setiap unit telepon umum dapat menghubungi nomor-nomor darurat dengan gratis, misalnya jika terjadi kebakaran. Akan sangat membantu jika masyarakat sekitar dapat langsung menghubungi pemadam kebakaran melalui telepon umum terdekat. Namun rupanya alam berkehendak lain. Di Jakarta, telepon umum dianggap sudah tidak berfungsi lagi bagi masyarakat. Kita telanjur sibuk terbuai promosi penyedia layanan ponsel dengan tarif super murah. Mungkin Abi Rama benar, alam Jakarta sedang "menyeleksi" ulang para penghuni yang mendiaminya, termasuk benda-benda di dalamnya.


Persoalan suka tidak suka
Lain Abi, lain pula Ashtwo yang mempertanyaan kecintaan warga terhadap kotanya. Lewat mural berukuran 25 x 3,5 meter, ia menuliskan sebaris kalimat "Aku Jakarta?" (Gambar 5), yang mirip dengan teks "I NY" yang ikonik itu. Tetapi Ashtwo menambahkan tanda tanya di akhir kalimat. Bukan tanpa sebab, ia memang ingin mengajak warga untuk bertanya kepada diri sendiri tentang rasa cinta terhadap Jakarta.

Lokasi yang dipilih adalah dinding pembatas jalan di depan Gedung Antam, Tanjung Barat. Dugaan saya, lokasi itu dipilih karena dianggap strategis. Setiap hari ruas jalan tersebut selalu ramai dilintasi kendaraan. Syukur-syukur jika arus lalu-lintas sedang tersendat, para pengendara dapat memperhatikan mural tersebut lebih lama. Namun ternyata, Ashtwo memilih lokasi tersebut karena di sanalah ia mulai giat membuat graffiti pada 2003 silam.

Mural Aku Jakarta? yang terasa "sepi" ini sebenarnya dapat lebih berbicara banyak jika ditempatkan di lokasi-lokasi kontras. Dengan begitu, pikiran orang-orang yang melihat akan langsung tergiring pada persoalan konkret yang ada di depan mata mereka. Misalnya saja jika mural Aku Jakarta? terdapat di tembok yang dekat tempat penuh sampah berserakan dengan bau menyengat, maka kehadiran mural ini bisa langsung menarik perhatian. Selain karena mural yang berukuran besar, tercipta suatu kontras antara tulisan pada mural dan suasana sekitar. Efek psikologis yang ditimbulkan akan lebih terasa dibandingkan dengan mural yang ada sekarang: Apakah kita sungguh-sungguh mencintai Jakarta?

Beralih ke peserta lain, ada kelompok Sevensoul yang membuat mural berupa emoticons atau ikon-ikon ekspresi yang kerap digunakan saat chatting. Karya ini diberi judul Simple Image Strikingly. Ikon yang ditampilkan cukup beragam; ada ekspresi senang, sedih, dan geram, dan marah. Ekspresi senang yang ditampilkan dalam warna kuning terlihat di unit-unit telepon umum di daerah Panglima Polim, Jakarta Selatan (Gambar 6). Di saat Abi Rama mengkritik soal kepunahan telepon umum dengan membuatnya kembali dalam bentuk mural, Sevensoul mencoba memberi tahu masyarakat sekitar bahwa telepon umum yang digambarinya dengan emoticons senang tersebut masih berfungsi. Namun ternyata hanya yang berlokasi di Panglima Polim saja yang diberi tanda oleh mereka. Fungsi ikon tersebut sebenarnya bisa semakin terlihat jika ada pembanding berupa ikon muram di unit-unit telepon umum yang rusak. Atau alternatif lain, menambahkan jumlah ikon senang di unit-unit yang masih berfungsi.

Selain ekspresi senang, ada pula ikon marah dan geram yang terlihat di dua tiang monorel berbeda. Tiang yang terletak di Jalan Asia-Afrika diberi ikon geram berwarna hijau. Sama dengan Klik Kanan milik kelompok Laskar Artup, ikon ini merupakan ekspresi ketidaksukaan terhadap tiang-tiang bekas rencana monorel. Sedangkan ikon marah berwarna merah yang terdapat di tiang yang ada di jalan Gelora, belakang Gedung DPR, bisa diartikan sebagai tiga hal: tidak suka dengan tiang-tiang monorel, kesal dengan kemacetan di ruas jalan tersebut, dan kecewa dengan para anggota DPR yang dianggap gagal menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Dari enam mural Sevensoul, hampir semua maknanya sulit dimengerti. Saya beruntung dapat berkomunikasi langsung dengan senimannya, sehingga tahu pesan yang ingin ia sampaikan. Jujur saja, menurut saya karya-karya ini hampir tak ada bedanya dengan coretan "Jono was here" yang sering ada di halte-halte, yang hanya menandakan keberadaan senimannya melalui coretan. Pemilihan objek berupa emoticons justru memiuhkan pesan kuat yang ingin mereka sampaikan.

Rangkaian mural yang tidak "berbunyi" ini menjadi semakin membingungkan ketika di satu lokasi ada dua ikon berbeda. Seperti yang ada di Jalan Saharjo, Jakarta Selatan, kelompok Sevensoul menggambar ikon senang di kotak Telkom sebelah kiri, lalu ikon sedih di kotak sebelah kanan, sekalipun kedua kotak itu berkondisi baik-baik saja. Masih di ruas jalan yang sama, namun kali ini yang dipilih adalah halte bus Pasar Pedok, Jakarta Selatan, mereka menggambar ikon senang di tempat duduk sebelah kiri halte, dan ikon sedih di sebelah kanan. Kedua contoh ini membuat Sevensoul terlihat seperti sedang asik berbicara sendiri tanpa ada niat untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Ungkapan perasaan yang lebih tegas ditunjukkan oleh Sidvizeus (Zeus). Ia membuat gambar rantai lengkap dengan gemboknya dengan menggunakan teknik wheat paste. Jika peserta lain kebanyakan memilih tembok-tembok kota, Zeus menjatuhkan pilihannya pada papan-papan reklame yang ada di daerah Fatmawati, Kebayoran Baru, dan Blok M. Entah memang ada maksud tertentu atau kebetulan semata, tiga dari lima papan reklame pilihannya menampilkan iklan pembersih (pakaian dan porselen), sedangkan sisanya iklan mie instan dan operator ponsel. Salah satu contohnya adalah papan reklame deterjen yang terletak di Jalan Sawo, Jakarta Selatan. Zeus menempatkan rantainya secara menyilang di tengah, menutupi hampir seluruh tubuh sang bintang iklan. Contoh lain adalah papan reklame operator ponsel yang terletak di bawah jembatan layang Kuningan. Memanfaatkan objek mobil di reklame ini, Zeus memposisikan rantainya terpasang di bumper belakang, sehingga seolah-olah mobil tidak bisa melaju (Gambar 7). Gambar rantai yang berukuran besar langsung menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Bahkan, karya Zeus hanya bertahan selama beberapa hari saja, sebelum akhirnya dicopot oleh yang merasa terganggu dengan rantai-rantainya tersebut.

Sesuai judul karya wheat paste buatannya, Egoismu Tungganganku, mungkin ini adalah bentuk protes Zeus—yang mewakili teman-teman seniman street art lain—akan papan reklame yang terlalu banyak jumlahnya di Jakarta. Selain secara tidak langsung "rebutan lahan" dengan pemasang iklan karena sama-sama menggunakan ruang publik, Zeus juga ingin mempertanyakan keberadaan reklame tersebut. Jika sejak dulu street art dianggap merusak pemandangan, kini ia ingin menunjukkan bahwa reklame justru lebih mengganggu ruang publik di Jakarta. Akhirnya yang bisa ia lakukan adalah balik mengganggu papan-papan reklame tersebut dengan karya yang jahil dan memberontak.

Masih berhubungan soal iklan dan street art, saya sempat iseng bertanya, manakah yang lebih tidak disukai; papan reklame atau street art. Jawaban yang datang beragam, meskipun rata-rata menjawab "papan reklame". Alasannya, street art lebih menarik dan menghibur, serta tidak melulu soal "jualan". Menariknya, salah seorang editor jurnal Karbon, Farid Rakun, ikut menjawab. Ia bilang, yang paling mengganggu adalah street art yang dibuat hanya untuk menjadi "iklan" bagi senimannya sendiri. Saya asumsikan yang ia maksud salah satunya adalah grafiti nama sang seniman atau kelompok street art tanpa ada pesan atau konteks sosial. Namun kini kondisinya lebih rumit, sebab sudah banyak produsen yang beriklan dalam bentuk mural. Sehingga bukan tidak mungkin jika iklan dan karya seni di kemudian hari menjadi tak ada bedanya ketika berada di ruang publik.


Jakarta: Pesan terkirim
Usai memperhatikan satu persatu karya setiap peserta, saya semakin sadar bahwa Jakarta memiliki banyak persoalan yang mesti dibereskan. Sebegitu pelik dan kentaranya, sehingga lima dari tujuh peserta mengangkat isu sosial-politik yang ada di kota ini, sedangkan sisanya lebih memilih untuk mengulas gaya hidup. Masalah yang dianggap paling "mengganggu" adalah soal fasilitas umum. Topik transportasi menjadi yang paling sering dibicarakan dalam karya-karya mereka. Beberapa objek seperti monorel, halte bus, dan kemacetan, muncul lebih dari sekali, yakni dalam karya kelompok Laskar Artup dan Sevensoul.

Sistem transportasi Jakarta yang semrawut memang kerap dikeluhkan masyarakat. Monorel, salah satu moda transportasi yang dulu menjadi tumpuan harapan masyarakat Jakarta akan transportasi yang nyaman, kini hanya berupa tiang-tiang yang terbengkalai. Meskipun kabarnya proyek monorel akan dilanjutkan, masyarakat tampaknya sudah tak berharap banyak.

Di topik lain, yakni kemacetan, kondisinya tidak jauh berbeda. Kemacetan sudah sejak lama menjadi masalah yang harus dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Jakarta. Ruas jalan yang ada tidak sebanding dengan jumlah kendaraan bermotor. Angka pertumbuhan kendaraan bermotor sekitar 10 persen per tahun, sehingga setiap harinya Jakarta "kebanjiran" sekitar 250 mobil baru dan 900 sepeda motor baru. Menyiasati hal ini, Pemprov DKI Jakarta yang tak punya banyak pilihan, terpaksa menambah ruas jalan dengan "mengangkat" jalan ke atas. Misalnya yang terlihat pada pembangunan proyek jalan layang non tol (fly over) Antasari - Blok M yang dimulai sejak November lalu. Proyek ini pun bukan tanpa cacat. Banyak pihak yang menyayangkan penebangan ratusan pohon demi terlaksananya proyek ini. Salah satu mentor lokakarya, Popo, sempat "protes" lewat kalimat "Demi fly over, pohon game over" yang ia tuliskan di dinding sepanjang jalan Antasari, Jakarta Selatan, dengan menggunakan cat semprot. Belum lagi ditambah kemacetan yang timbul akibat pengerjaan jalan layang ini. Ironis, mengingat tujuan proyek ini sendiri adalah untuk mengurangi kemacetan.

Masih di topik fasilitas umum, objek lain yang menjadi perhatian peserta adalah telepon umum dan papan reklame. Abi Rama dan kelompok Sevensoul ingin mengingatkan kita bahwa telepon umum adalah sarana publik yang harus tetap ada karena masih dibutuhkan masyarakat, terutama oleh rakyat kecil. Sedangkan kelompok Laskar Artup dan Zeus mempersoalkan papan reklame yang kehadirannya dianggap mengganggu. Selain karena jumlahnya yang terlalu banyak sehingga menimbulkan polusi visual, namun juga karena penempatannya terkadang tidak tepat, semisal terlalu rendah sehingga menghalangi dan membahayakan pejalan kaki.

Munculnya fasilitas umum menjadi topik utama dalam karya para peserta lokakarya street art Jakarta 32°C, bisa diartikan sebagai kritik kepada Pemprov selaku pelayan publik Jakarta, yang dirasa kurang memperhatikan kebutuhan masyarakat. Selama ini kritik dan saran yang ditujukan kepada pemerintah kebanyakan disampaikan dengan cara-cara konvensional. Mungkin dengan lokakarya street art Jakarta 32°C ini, kita memiliki cara baru dalam menyampaikan aspirasi. Jika mengusung pesan yang berisi melalui eksekusi yang baik, citra buruk street art yang lekat dengan vandalisme secara perlahan bisa hilang. Sebagai gantinya, street art akan dianggap sebagai medium aspirasi alternatif, yang tak hanya enak dilihat, namun juga berbunyi nyaring.

Menggunakan sudut-sudut kota sebagai kanvas, ketujuh peserta lokakarya ramai-ramai berkirim pesan tentang Jakarta. Memang tidak semua pesan dapat dengan mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat, namun setidaknya, inilah usaha mereka untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih nyaman dihuni.***




Jakarta, Maret 2011




Deasy Elsara lahir di Jakarta pada 1986. Selepas kuliah, ia sempat bekerja sebagai copywriter di sebuah firma periklanan multinasional dan reporter majalah gaya hidup pria. Kini, sembari bekerja lepas sebagai penulis dengan fokus bidang yang ia minati, budaya populer dan seni budaya, ia terus berusaha mewujudkan keinginannya untuk menerbitkan buku cerita anak-anak berilustrasi.







Gambar 1. Klik Kanan oleh Laskar Artup.


Gambar 2. Sedia Tisu Sebelum Nafsu oleh Bonds.


Gambar 3. Keder oleh Angganoa.



Gambar 4. Seleksi Alam oleh Abi Rama.


Gambar 5. Aku Jakarta? oleh Ashtwo.


Gambar 6. Simple Image Strikingly oleh Sevensoul.




Gambar 7. Egoismu Tungganganku oleh Sidvizeus.


Catatan kaki
[1] Ugeng T. Moetidjo, Ardi Yunanto, Ade Darmawan, Mirwan Andan, Stiker Kota (Jakarta: ruangrupa, 2008).
[2] Dan Sperber & Deirdre Wilson, Relevance: Communication and Cognition (United Kingdom: Blackwell, 1995).


Foto-foto koleksi Jakarta 32°C.
 

Komentar

What's Happening i aam new to this, I stumbled upon this I've found It absoloutely helpful and it has aided me out loads. I'm hoping to give a contribution & assist other customers like its helped me. Great job.

This posting is marvelous and what a fantastic research that you have done. It has helped me a lot. thank you very much. Feel free to visit my buy portfolio lighting site.

ポールスミスアクセサリーパーフェクトギフトこのクリスマスクリスマスは喜び、お祝いと幸せの時 カシオ 腕時計 [url=http://www.eyeboox.com/]セイコー 腕時計 2014[/url] セイコー 腕時計 2014,ポーター 財布 [url=http://www.ericabowen.com/]ポーター バッグ[/url] 吉田カバン バッグ,イルビゾンテ バッグ [url=http://flemil.com/]イルビゾンテ 財布[/url] Il Bisonte 財布,サマンサタバサ セール 2014 [url=http://www.f3scs.com/]サマンサタバサ 財布[/url] サマンサタバサ 財布 間です。何があなたの近く、貴重な物に贈り物をすることよりも、幸せを共有するためのより良い方法。それらに付属のポール·スミスの範囲から、素晴らしいギフトでこの冬を驚かせる。家族や大切な人へのプレゼントを買うことは実際にオンラインショッピングに簡単になりました。利用可能なポールスミスアクセサリーの大きな範囲がご来店中です。オンラインストアでのポール·スミスの付属品の巨大な範囲の中には、バッグ、カフス、手袋、帽 カシオ 腕時計 [url=http://www.eyeboox.com/]カシオ 腕時計[/url] カシオ 腕時計,ポーター バッグ [url=http://www.ericabowen.com/]吉田カバン バッグ[/url] 吉田カバン バッグ,イルビゾンテ バッグ [url=http://flemil.com/]Il Bisonte 財布[/url] イルビゾンテ バッグ,サマンサタバサ セール 2014 [url=http://www.f3scs.com/]サマンサタバサ バッグ[/url] サマンサタバサ 財布 子、スカーフ、ベルト、腕時計、財布??、よりです。あなたが好きなものを見つけるのは確実であり、より重要なのは、人に好かれる何か贈り物です!ポールスミスアクセサリー見栄え品質の製品は非常に贈り物として任意の項目を受けていることで大切にされるのは確実だです。今年のクリスマスは、ベルトやポールスミスアクセサリーから提供する上で広大な範囲からのクレジットカードの財布やその他の項目を選択します。ショーツ、カリフ セイコー 腕時計 2014 [url=http://www.eyeboox.com/]グッチ 時計 2014[/url] カシオ 腕時計,吉田カバン バッグ [url=http://www.ericabowen.com/]ポーター 財布[/url] 吉田カバン バッグ,Il Bisonte 財布 [url=http://flemil.com/]イルビゾンテ バッグ[/url] Il Bisonte 財布,サマンサタバサ 財布 [url=http://www.f3scs.com/]サマンサタバサ セール 2014[/url] サマンサタバサ セール 2014 ォルニアベルト、分厚い靴下、ミニおもちゃの車、革かばんバッグ、バックルベルトなどがあります。男性と女性のためのポールスミスレッドイヤーから、ポール·スミスのアクセサリーや衣服の両方は確かに最適です。象徴的なイギリス人デザイナー、ポール·スミスとは、署名のデザインにし、小切手にプリントTシャツの範囲を持っている。ジーンズはレギュラー·フィットで使用可能です。リネンシャツ、ハンドプリントTシャツやデニムジャケットの範 セイコー 腕時計 2014 eye boox カシオ 腕時計,ポーター 財布 erica bowen 吉田カバン バッグ,イルビゾンテ バッグ flemil Il Bisonte 財布,サマンサタバサ バッグ f3scs サマンサタバサ セール 2014 囲もあります。代わりに、実際に中から選択するための素晴らしい贈り物ですギフトアイテム、いつものように服を、 1はポールスミスのアクセサリーを検討することができます。彼らは、独特の手頃な価格の、思い出に残るです。全体の範囲は、豊かな色彩と様々なスタイルで提供されています。スカーフの全体の範囲は、異なる色で存在している。 http://flemil.com/p-89.html イルビゾンテ【母の日】がま口 小銭入れ財布 C675 イルビゾンテ 財布 新作2014 Il Bisonte (120 ナチュラル)【激安セール】 http://flemil.com/p-75.html イルビゾンテ【母の日】キャンバストートバッグ L1040 イルビゾンテ バッグ 2014新作 Il Bisonte (004 ナチュラル/ブラック)【激安セール】 http://www.ericabowen.com/p-153.html 【期間限定価格】セカンドバッグ ポーター 吉田カバン 新作2014 吉田かばん【送料無料】PORTER バッグ アラウンド 牛革 セカンドバッグ 003-01268【母の日】メンズ フォーマルバッグ 冠婚葬祭 本革 http://www.ericabowen.com/p-94.html 【新品】【%OFF】ポーター 吉田カバン 新作2014 吉田かばん【送料無料】PORTER バッグ ジャム JAM 597-07826 [L]【母の日】メンズ レディース ショルダーバッグ http://www.eyeboox.com/p-666.html 【安心安全の正規商品3年保証】SEIKO ブライツ 電波 ソーラー SAGA149 メンズ 腕時計 BRIGHTZ クロノグラフ ホワイト ?母の日ギフト2014?[2014 父の日 新作特集][早割セール] http://www.eyeboox.com/p-1069.html 【安心安全の正規商品3年保証】agnes b.(アニエスベー)アニエスb レディース 腕時計 abハート ブラック FCSK998 ?母の日ギフト2014?[2014 父の日 新作特集][早割セール] http://www.f3scs.com/p-444.html サマンサベガ バッグ ショルダーバッグ ハンドバッグ 価格で大放出!サマンサタバサ バッグ ショルダーバッグ ハンドバッグ サマンサベガ レディース Samantha Thavasa 新作 2014 激安 セール http://www.f3scs.com/p-488.html サマンサベガ バッグ トートバッグ トート サマンサタバサ バッグ トートバッグ トート サマンサベガ レディース Samantha Thavasa 新作 2014 激安 セール
Many people who lurk and post to these dieting forums where to buy garcinia cambogia will give you a good form. This product has become a synonym for soda.

Try adding these super foods to your diet

Healthy Skin How vitamins and nutrients can benefit the health of your skin.

ヴィトン メンズ 財布 人気 ヴィトン カバン 新作 カードケース ルイヴィトン 楽天 ヴィトン バッグ ルイヴィトン 財布 ダミエ モノグラム ルイヴィトン ヴィトン 財布 コピー 財布 ヴィトン 偽物 http://www.iscnagpur.ac.in/sports/images/md5/201403061/201441119501540500.html ヴィトン 革 ヴィトン 鞄 人気 ルイヴィトンバック オークション スーパーコピー ヴィトン メンズ ヴィトン 長財布 ヴィトン 鞄 メンズ 財布 ルイヴィトン タイガ ルイヴィトン キーケース ダミエ http://www.jolitex.com/2007/eng/topic/201403061/201441119502380692.html ルイヴィトン 海外 価格 ヴィトンマフラー価格 ヴィトン 財布 ジッピー ジッピー ヴィトン ヴィトン アズール 長財布 ルイヴィトン 偽物 激安 ルイヴィトン 通販 公式 ヤフオク ヴィトン http://www.aba.is/uploads/topic/201403061/20144111950434215.html タイガ ヴィトン 財布 ルイヴィトン サイト ルイヴィトン 新品 ルイヴィトンのスーツケース ルイヴィトン 財布 ジッピー ルイヴィトンバッグ一覧 ヴィトン タイガ 長財布 楽天財布ルイヴィトン http://www.cnern.org/document/CVS/news/201403061/201441119501766311.html 新作ルイヴィトン ヴィトン バッグ 財布 ヴィトン コピー ルイヴィトン 鍵 ルイヴィトン カバン 新作 ルイヴィトン ダミエ 財布 ルイヴィトン 鞄 メンズ ルイヴィトン 財布 コピー 楽天 http://www.marksistemas.com.br/language/topic/201403061/201441119502128114.html ルイヴィトン メンズ louis vuitton コピー ルィ ヴィトン ヴィトン 偽物 通販 louis vuitton スピーディー http://www.colada.se/foto/topic/201403061/201441119495826261.html http://www.almex.com.br/emerich/topic/201403061/201441119502426228.html http://fetalmedicine.org.tr/lang/topic/201403061/20144111950629069.html 財布 ヴィトン ヴィトン公式サイト ブランド バッグ ヴィトン ルイヴィトン スカーフ ルイヴィトン カバン メンズ ルイヴィトン 財布 価格 ルイヴィトン 財布 偽物 ヴィトンの名刺入れ http://www.jesuitas.org.br/fotos/topic/201403061/201441119502290756.html ヴィトン ライン ルイヴィトン スーツケース 値段 ヴィトン コピー ヴィトン 財布 コピー ルイヴィトン 激安 ルイヴィトン 財布 通販 ヴィトン ヴィトン激安財布 http://www.dornbirnshop.at/state/topic/201403061/201441119501914807.html ルイヴィトン アウトレット ヴィトン バッグ 新品 ヴィトン 財布 値段 ヴィトン 長財布 新作 2013 ルイヴィトン タイガ キーケース ルイヴィトン ビジネスバッグ ヴィトン バッグ コピー 財布 ヴィトン コピー http://www.axialpar.com.br/dados/topic/201403061/201441119502398224.html モノグラム ルイヴィトン ヴィトン キーケース メンズ ヴィトン バック 新作 ルイヴィトン 通販 公式 ヴィトン バッグ スーパーコピー ヴィトン 鞄 人気 ヴィトン ポルトフォイユサラ ルイヴィトン 小物 http://www.msmidia.com/site/img/topic/201403061/201441119502123436.html ヴィトンのコピー ヴィトン モノグラム ルイヴィトン アウトレット ルイヴィトン ノマド 財布 カードケース ヴィトン ルイヴィトン オンライン ルイヴィトン 人気 財布 louis vuitton 壁紙 http://www.aflvelar.is/myndir/topic/201403061/20144111950372889.html ルイヴィトン カードケース メンズ ヴィトン 財布 ダミエ ルイヴィトン スカーフ 値段 ルイヴィトン カードケース ダミエ ブランド バッグ ヴィトン http://www.vicinityrfid.com/home/md5/201403061/201441119501518818.html http://www.ibeco.se/movie/topic/201403061/201441119495737111.html http://www.indiajuris.com/inc/topic/201403061/201441119495077485.html
財布 ルイヴィトン 偽物 ヴィトン 鞄 メンズ ヴィトン 生地 販売 ルイヴィトン 財布 新作 ヴィトン バッグ エピ ヴィトン 正規 ヴィトンの鞄 ルイヴィトン 最安値 http://ks.chpedu.net/gaokao/images/info/201403061/201441119501747517.html ヴィトン 名刺 ブランド バッグ ルイヴィトン ルイヴィトンの ルイヴィトン チェック ヴィトン カバー バッグ ヴィトン ルイヴィトン 新作 バック ヴィトン 新作バッグ http://zx.zhong5.cn/meifu/chuzhou/news/201403061/201441119502620059.html ヴィトン ノマド 財布 ルイヴィトン 財布 ダミエ ルイヴィトン メンズ ルイヴィトンの靴 楽天ヴィトンコピー屋 ヴィトン中古財布 ルイヴィトン レディース ヴィトン 商品一覧 http://www.almex.com.br/emerich/topic/201403061/201441119502420529.html ルイヴィトン 財布 通販 ヴィトン 販売店 激安ルイヴィトン ヴィトン 長財布 タイガ 偽物ルイヴィトンバッグ ヴィトン アウトレット ルイヴィトン アウトレット 通販 ルイヴィトン ノマド 財布 http://www.qecku.com/form/include/201403061/201441119494881194.html ルィ ヴィトン ヴィトン 財布 定価 ヴィトン 財布 メンズ 人気 ルイヴィトン トラベルバッグ ルイヴィトン バッグ 値段 財布 ルイヴィトン 新作 ルイヴィトンの小銭入れ ルイヴィトン アズール バッグ http://www.always.com.br/bot/topic/201403061/201441119502433108.html ヴィトン マフラー メンズ ルイヴィトン商品 ヴィトン スーパーコピー 財布 louis vuitton ショルダーバッグ ルイヴィトン スーパーコピー http://www.mrie.org/css/css/201403061/201441119502871224.html http://www.yumak.com.tr/html/english/201403061/201441119494221536.html http://www.emlakakademisi.org/members/info/201403061/201441119494162098.html ヴィトンカバン偽物 ヴィトン 本物 ダミエ ヴィトン 財布 ブランド ヴィトン ヴィトン ブランド ルイヴィトン ダミエ 財布 新作ヴィトン 財布 ルイヴィトン最新財布 http://www.sdemba.cn/cert/news/201403061/201441119501718790.html ルイヴィトン専門店 ヴィトン激安通販 ヴィトン 中古 ルイヴィトンメンズバック ルイヴィトン バッグ ヴィトン バッグ 買取価格 ルイヴィトンバッグ一覧 louis vuitton ヴェルニ 財布 http://www.lexoo.at/office/topic/201403061/201441119501924237.html スーパーコピー ルイヴィトン 財布 ヴィトン 価格 財布 ブランド ヴィトン ルイヴィトン 鞄 新作 ヴィトンのベルト ルイヴィトン 生地 販売 エピ ヴィトン ルイヴィトンのコピー http://www.alspac.com.br/en/topic/201403061/201441119502218528.html ルイヴィトン 財布 女性 louis vuitton 財布 メンズ louis vuitton 店舗 ヴィトンバッグ一覧 ヴィトンバック コピー 財布 ブランド ヴィトン ヴィトン 人気 財布 ダミエ ルイヴィトン http://www.mohakcarpets.com/inc/topic/201403061/201441119494937208.html ヴィトン ハンドバック ヴィトン財布楽天 ヴィトン 財布 コピー ルイヴィトン エピ 財布 ルイヴィトン バイマ タイガ ヴィトン ルイヴィトン キー 財布 ルイヴィトン http://www.stofnfiskur.is/uploads/topic/201403061/20144111950230006.html ヴィトン 新作 財布 ヴィトン ポルトフォイユサラ スーパーコピー ヴィトン 財布 ルイヴィトン ネックレス ルイヴィトン 激安 http://www.dirhe.org.in/jdnagpur/AdminPage/md5/201403061/201441119501423478.html http://www.dowa.at/tmp/topic/201403061/201441119501816655.html http://www.kentdegerleme.com/site/js/201403061/201441119494274722.html
ルイヴィトン ブランド キーケース メンズ ルイヴィトン ヴィトン 小物 ヴィトン バッグ フランス ルイヴィトン ヴィトン 財布 中古 ルイヴィトン ルイヴィトン ルイヴィトン バッグ 通販 http://www.leadervastramalardalen.se/webmotor/forum/201403061/201441119495561810.html ルイルイヴィトン マフラー louis vuitton エピ 財布 偽物ヴィトン ヴィトン 小銭入れ エピ 新作ヴィトン ルイヴィトン 財布 人気 ヴィトン 財布 アズール ルイヴィトン 通販 http://www.vicinityrfid.com/home/md5/201403061/201441119501566110.html ヴィトン 財布 メンズ louis vuitton 新作 財布 ルイヴィトン 鞄 人気 ヴィトンの財布 値段 ルイヴィトン 財布 中古 ルイヴィトン 財布 ダミエ 価格 ヴィトン激安財布 ヴィトン 財布 レディース http://www.rittal.si/information/news/201403061/201441119494063688.html ルイヴィトンの小銭入れ ルイヴィトン 長財布 激安 ヴィトン 財布 ジッピー 長財布 ヴィトン ルイヴィトン アズール ルイヴィトンのバック メンズルイヴィトン財布 ヴィトン コピー http://www.huissiers-justice-rhone.com/contact/texte/201403061/201441119502965415.html ルイヴィトン 正規品 ヴィトン専門店 ルイヴィトン 手帳ケース 財布 ヴィトン ルイヴィトン 財布 ダミエ ルイヴィトン 長財布 値段 楽天財布ルイヴィトン ヴィトン ショッピングバッグ http://www.brc.se/sony/topic/201403061/201441119495955501.html ルイヴィトンの時計 ルイヴィトン 価格 ヴィトン コピー ヴィトン財布楽天 ヴィトン 正規品 http://www.stefanjon.is/mods/topic/201403061/20144111950194691.html http://www.ecos.org.br/dados/topic/201403061/201441119502170898.html http://www.ruiqiedu.com/css/topic/201403061/201441119501882027.html ルイヴィトン ダミエ 財布 コピー ヴィトン 財布 新作 ヴィトン 財布 激安通販 財布 ヴィトン 偽物 ヴィトン中古財布 人気ヴィトンバッグ louis vuitton アマゾン ルイヴィトン キーケース ダミエ http://www.dowa.at/tmp/topic/201403061/201441119501863367.html キーケース ルイヴィトン ルイヴィトン ラッピング ルイヴィトン リペア 価格 ルイヴィトン 価格 ヴィトン 財布 値段 ヴィトン 財布 ダミエ 白 ルイヴィトン 公式 オンライン 楽天ルイヴィトンコピー屋 http://perinatal.org.tr/newsletters/topic/201403061/20144111950610978.html ヴィトン 中古 ルイヴィトン デザイン ルイヴィトン バック ルイヴィトン バッグ コピー 激安 ヴィトン 革 ルイヴィトン 財布 新作 2013 ヴィトン 人気 財布 ルイヴィトンかばん http://www.rittal.si/information/news/201403061/201441119494083041.html ルイヴィトン コピー 激安 ヴィトンかばん ルイヴィトン 財布 メンズ タイガ ルイヴィトン バッグ モノグラム ルイヴィトン専門店 ヴィトンショップ ヴィトン 名刺入れ ダミエ ヴィトン 財布 中古 http://www.tvinvento.com.br/erros/topic/201403061/201441119502064764.html コピーヴィトン財布 louis vuitton ボストンバッグ ルイヴィトン 人気 ヴィトン 財布 通販 ヴィトン 中古 バッグ ヴィトン キー ルイヴィトン 財布 値段 通販 ヴィトン http://www.qingdaedu.com/test/info/file/201403061/201441119501079888.html ルイヴィトン 公式 メンズ ヴィトン バッグ バッグ ヴィトン ルイヴィトン ダミエ 長財布 メンズ ヴィトン アウトレット 通販 http://www.vicinityrfid.com/home/md5/201403061/201441119501549182.html http://www.tullingetorg.se/webmotor/language/topic/201403061/201441119495889081.html http://www.lexoo.at/office/topic/201403061/201441119501975068.html
ルイヴィトン カバン メンズ ヴィトン 小銭入れ ダミエ ルイヴィトン 財布 タイガ ルイヴィトン 名刺入れ ルイヴィトン 人気 バック ヴィトン ヴィトン 公式 オンライン ヴィトンメンズバック http://hfstation.com/hotel/ebook/hehe/201403061/201441119502791232.html ルイヴィトン バッグ ルイヴィトン 人気 財布 楽天ルイヴィトン財布 ヴィトンメンズバック ヴィトン ノマド 財布 財布 ルイヴィトン レディース ヴィトン公式サイト 激安ヴィトン財布 http://www.temfed.org.tr/harita/haritaresources/harita/Text/201403061/201441119494295529.html 通販 ヴィトン お財布 ルイヴィトン ルイヴィトン 公式 通販 ヴィトン 財布 値段 ヴィトン 商品一覧 ヴィトン メンズ 財布 ルイヴィトン ヴェルニ 財布 ルイヴィトン レディース 時計 http://hfstation.com/hotel/ebook/hehe/201403061/201441119502791232.html ルイヴィトン 財布 定価 ヴィトン 株 ルイヴィトン 財布 スーパーコピー ヴィトン コピー バッグ ルイヴィトン 長財布 メンズ 人気 ルイヴィトン 財布 エピ ルイヴィトンコピー品 お財布 ルイヴィトン http://www.valvasorjeva-konjenica.si/UserFiles/File/facebook/201403061/201441119494176596.html ヴィトン 新作 ヴィトン 財布 エピ メンズ ヴィトン バッグ 新品 ヴィトン ポシェット ヴィトン デザイン ルイヴィトン 財布 中古 ヴィトン 中古品 ルイヴィトンのダミエ http://www.vlbgeigentuemervereinigung.at/dia/topic/201403061/201441119502029476.html ルイヴィトンの財布 値段 ルイヴィトン人気バック ヴィトン 鞄 人気 ルイヴィトン紳士財布 ルイヴィトン人気バック http://www.ship.is/uploads/topic/201403061/20144111950367646.html http://www.iscnagpur.ac.in/sports/images/md5/201403061/201441119501518418.html http://iandonald.org/images/topic/201403061/20144111950637248.html ヴィトン バッグ モノグラム ルイヴィトン 長財布 レディース ヴィトン 中古品 ブランド バッグ ルイヴィトン ヴィトン 公式 通販 louis vuitton バッグ 財布 メンズ ヴィトン ルイヴィトン サイト http://www.samflot.is/myndir/topic/201403061/20144111950171618.html ヴィトン 店舗 激安ルイヴィトン ヴィトン 財布 通販 ルイヴィトン コピー ダミエ ヴィトン ルイヴィトン財布楽天 ヴィトン ハンドバック ルイヴィトン コピー 激安 http://www.jornaldepoesia.jor.br/compac/alpha/topic/201403061/201441119502529711.html ヴィトン 中古品 ルイヴィトンの財布偽物 ルイヴィトン デザイン サングラス ルイヴィトン ヴィトン バック ヴィトン最新バッグ ルイルイヴィトン 長財布 ヴィトン 楽天 http://www.flugur.is/secure/topic/201403061/20144111950243980.html 手帳カバー ルイヴィトン ヴィトン 財布 メンズ タイガ ヴィトン 偽物 販売 ルイヴィトン 長財布 新作 ルイヴィトンかばん お財布 ヴィトン ヴィトン 公式 バッグ ルイヴィトン http://www.brazilsite.com.br/bbs/topic/201403061/201441119502473497.html ルイヴィトン 財布 メンズ タイガ 偽物ヴィトン財布 ヴィトン 革 ルイヴィトンメンズバック ヴィトン カード入れ ヴィトン 小銭入れ ダミエ ブランド 財布 ルイヴィトン ヴィトンの http://www.huissiers-justice-ain.com/contact/texte/201403061/201441119502926362.html ルイヴィトン 中古 激安ルイヴィトンバッグ ヴィトン ヴィトン ヴィトン バッグ レディース 財布 ヴィトン http://ks.chpedu.net/gaokao/images/info/201403061/201441119501760407.html http://www.brazilsite.com.br/bbs/topic/201403061/201441119502449390.html http://www.stuhl.at/dia/topic/201403061/201441119501835767.html

Add comment

Isi bagian ini tidak akan ditampilkan untuk umum.
  • Tag HTML yang dibolehkan: <p><br>

Informasi lebih lanjut tentang opsi format tulisan

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.