FOKUS 1 | Maret 2007

-A A +A
Versi ramah cetakPDF version
FOKUS 1 | Maret 2007
Rumah kita
Pengantar
10 Maret 2007


SELAMA ENAM tahun, Karbon telah membahas seni kontemporer dalam tujuh edisi cetak. Mulai tahun 2007 ini, Karbon mengubah diri menjadi jurnal online, dan akan lebih membahas tentang kota dalam konteks studi urban dan budaya visual. Sementara pembahasan seni rupa kontemporer akan lebih dipandang sebagai materi analisa, terutama melihat kenyataan bahwa selama ini seni rupa kontemporer lebih banyak mendapatkan inspirasi dari permasalahan kota dan budaya visual, daripada kehidupan kota yang mengambil manfaat dari seni rupa kontemporer.

Dalam edisi perdana ini,
Karbon mengeluarkan tema Rumah, sebagai ruang pertama yang mengawali semua aktivitas kota. Dalam artikelnya, Darrundono menyatakan bahwa rumah susun belum diperlukan di kota Jakarta. Sementara Farabi Fakih meneliti citra kelas menengah pasca Orde Baru dalam memandang tempat tinggal mereka. Kami juga melakukan wawancara dengan Lintas Tebet, sebuah majalah komunitas di Tebet, Jakarta Selatan yang pernah terbit pada 2002-2003. Artikel ditutup dengan ulasan Apartment Project, sebuah proyek seni yang diadakan ruangrupa pada 2003 tentang fenomena rumah vertikal di kota Jakarta.

Karbon sangat terbuka dengan semua ide dan kritik Anda, agar permasalahan kota tidak selamanya menjadi wacana yang asing dan hanya dimiliki oleh kota-kota besar, tapi terjadi dalam keseharian sebagai sesuatu yang sangat realistis namun justru nyaris mustahil dalam pemecahannya. Semoga Karbon dapat menjadi awal untuk membuka ruang diskusi yang lebih luas.

Terima kasih.


Ardi Yunanto, Nuraini Juliastuti & T. Ismail Reza
Redaktur


 


Rumah Susun Pejompongan, Jakarta, 2003. Foto oleh Arjan van Helmond, 2003.

Komentar

Every weekend i used to pay a quick visit this web site, because i wish for enjoyment, for the reason that this this website conations really good funny information too.

That's what makes you the best. You should keep publishing more articles and you will Such Become One of the best writers ever..

Why does a plant do what it does under the myriad variables – water, genetics, insects, diseases, soil, and 100 other things. It’s difficult to unravel.

very vefect article. thanks a lot

Satu ini adalah foto terkeren yang pernah ane lihat selama ini . aku juga suka berita sepakbolawebsite segera lihat Ԁі www.NuGoal.Com
Ini adalah pic terindah yang pernah ambo lihat selama ini . saya juga menyukai jadwal sepakbolawebsite pastikan anda lihat ke Www.nuGoal.Com

It is really nice to see the best information presented in an easy and understanding manner. Thank you.

nceis embora vários modelos sao fraquinhos comprei uns qualidade boa leia o meu site....Aman Gill And Gill

nceis embora vários modelos sao fraquinhos comprei uns qualidade boa leia o meu site....Khan Aman Gill

nceis embora vários modelos sao fraquinhos comprei uns qualidade boa leia o meu site....Thanx jiiiii

Add comment

Isi bagian ini tidak akan ditampilkan untuk umum.
  • Tag HTML yang dibolehkan: <p><br>

Informasi lebih lanjut tentang opsi format tulisan

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.