FOKUS 1 | Maret 2007

-A A +A
Versi ramah cetakPDF version
FOKUS 1 | Maret 2007
Rumah kita
Pengantar
10 Maret 2007


SELAMA ENAM tahun, Karbon telah membahas seni kontemporer dalam tujuh edisi cetak. Mulai tahun 2007 ini, Karbon mengubah diri menjadi jurnal online, dan akan lebih membahas tentang kota dalam konteks studi urban dan budaya visual. Sementara pembahasan seni rupa kontemporer akan lebih dipandang sebagai materi analisa, terutama melihat kenyataan bahwa selama ini seni rupa kontemporer lebih banyak mendapatkan inspirasi dari permasalahan kota dan budaya visual, daripada kehidupan kota yang mengambil manfaat dari seni rupa kontemporer.

Dalam edisi perdana ini,
Karbon mengeluarkan tema Rumah, sebagai ruang pertama yang mengawali semua aktivitas kota. Dalam artikelnya, Darrundono menyatakan bahwa rumah susun belum diperlukan di kota Jakarta. Sementara Farabi Fakih meneliti citra kelas menengah pasca Orde Baru dalam memandang tempat tinggal mereka. Kami juga melakukan wawancara dengan Lintas Tebet, sebuah majalah komunitas di Tebet, Jakarta Selatan yang pernah terbit pada 2002-2003. Artikel ditutup dengan ulasan Apartment Project, sebuah proyek seni yang diadakan ruangrupa pada 2003 tentang fenomena rumah vertikal di kota Jakarta.

Karbon sangat terbuka dengan semua ide dan kritik Anda, agar permasalahan kota tidak selamanya menjadi wacana yang asing dan hanya dimiliki oleh kota-kota besar, tapi terjadi dalam keseharian sebagai sesuatu yang sangat realistis namun justru nyaris mustahil dalam pemecahannya. Semoga Karbon dapat menjadi awal untuk membuka ruang diskusi yang lebih luas.

Terima kasih.


Ardi Yunanto, Nuraini Juliastuti & T. Ismail Reza
Redaktur


 


Rumah Susun Pejompongan, Jakarta, 2003. Foto oleh Arjan van Helmond, 2003.

Komentar

Nice to read your article! I am looking forward to sharing your adventures and experiences.

To be honest. I haven't seen a good post like this in a year now. And seeing this post now, ahh, it really pleasures me. Thanks a lot for this post. 

I mean, I know it was my choice to read, but I actually thought you’d have something interesting to say.

Sorry but,
Welcome!
Aloha!

We, at Omaha SEO, believe in delivering value for money to our valuable clients in an ethical and transparent manner. We employ best marketing practices and have best best marketing agents on board.

Hi! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and new initiatives in the same niche. Blog gave us useful information to work. You have done an amazing job!

I got mine, you get yours.” I wonder have we forgotten our history, maybe we never learned

There are very many types of changes from the existing applications. This makes the application for different youth.

Add comment

Isi bagian ini tidak akan ditampilkan untuk umum.
  • Tag HTML yang dibolehkan: <p><br>

Informasi lebih lanjut tentang opsi format tulisan

CAPTCHA
This question is for testing whether you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.