-A A +A
Versi ramah cetakPDF version

MENULIS UNTUK KAMI

administrator
17 April 2011


MENGAPA MENULIS UNTUK JURNAL KARBON?

  • Membahas permasalahan visual dan ruang publik kota secara lintas-disiplin. Sejak online pada 2007, dan benar-benar aktif secara berkala sejak 2009, jurnal Karbon adalah satu-satunya jurnal online di Indonesia yang membahas permasalahan kota secara lintas-disiplin. Kami ingin mencakup seluruh pembahasan kota di Indonesia. Saat ini kami sedang memperdalam penelitian kami dan memperluas jaringan penulis kami, dan Anda dapat membantu kami mempercepat proses ini.
  • Dua bahasa. Semua esai ditampilkan dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, dengan kualitas terjemahan yang sangat baik. Penerjemahan ini berlaku dua arah, jika Anda menulis dalam bahasa Indonesia, kami akan menerjemahkan ke Inggris, begitu pula sebaliknya.
  • Terbuka untuk publik luas. Mayoritas jurnal terbitan Indonesia tidak mudah diakses oleh publik luas. Dengan format online, jurnal Karbon dapat dibaca oleh publik luas dari berbagai kalangan dan disiplin ilmu secara gratis.
  • Format penulisan. Kami menawarkan teknik penulisan yang menggabungkan esai, tulisan akademis yang akrab, dan feature. Teknik penulisan tersebut akan membuat tulisan Anda mudah dicerna oleh pembaca dengan tidak kehilangan kedalaman dan ketajaman isinya. Kami juga menerima format wawancara jika format tersebut sesuai untuk materi tulisan. Demi kemudahan penyebutan, kami menyebut semua tulisan di Karbon sebagai artikel.
  • Jurnal mandiri. Kami menerima tulisan yang mungkin tidak bisa dimuat di media massa karena merupakan berita yang cukup rawan. Selama materi tulisan Anda menarik, akurat, dan sangat penting untuk diketahui oleh publik luas atas dasar minimnya pembahasan tentang itu di media lain, kami akan memuatnya.
  • Ketercapaian. Jurnal Karbon dikunjungi oleh pengunjung yang terus bertambah setiap tahunnya. Pada awal 2009, pengunjung kami mencapai 2000-an pengunjung per bulan dan terus meningkat sampai pada akhir 2009 menjadi 6000-an pengunjung per bulan. Pada 2010 kami menginginkan lebih banyak lagi pengunjung. Penilaian atas pagerank website kami sudah mencapai 5 dari jenjang tertinggi 10 (pada 2009). Dengan format dua bahasa, Indonesia dan Inggris, tulisan Anda dapat dibaca oleh seluruh warga dunia.


TULISAN TENTANG APA SAJA YANG DAPAT DIMUAT?

  • Membaca kota dari berbagai karya visual. Permasalahan kota di Indonesia bisa dilihat dari berbagai karya visual, seperti karya seni rupa publik, film, komik, program televisi, stiker, poster dan banyak karya visual lain yang yang lahir di dalam dan mengenai ruang kota.
  • Ruang publik dan visual kota. Kami menerima tulisan tentang permasalahan kota di Indonesia yang terkait dengan visual kota, arsitektur, ruang publik kota, profesi, perubahan gaya hidup, yang memiliki kaitan sosial-politik-budaya yang kuat terhadap khalayak ramai.
  • Kota dalam sejarah. Kami menerima tulisan terkait dengan permasalahan kota di Indonesia dari sudut pandang sejarah yang memiliki konteks kuat dengan permasalahan saat ini.


SIAPA SAJA YANG DAPAT MENULIS UNTUK KAMI?
Kami menerima tulisan dari berbagai kalangan—mulai dari wartawan, akademisi, peneliti, mahasiwa, aktivis, dan semua orang yang tertarik membahas kota di Indonesia dari berbagai sudut pandang.

BAGAIMANA MEMASUKKAN TULISAN?

  • Jika Anda baru mulai menuliskan materi baru, Anda tidak perlu langsung mengirimkan tulisan final. Anda bisa mengirimkan abstrak sepanjang 1 halaman kepada kami untuk berkoordinasi dengan redaktur kami. Jika abstraksi Anda sesuai, kami akan bekerjasama dengan Anda untuk menyelesaikan esai-esai tersebut hingga siap untuk diterbitkan.
  • Jika Anda sudah cukup nyaman dengan mengirimkan tulisan jadi, kami akan tetap menyuntingnya demi mempertajam isi dan membuatnya lebih menarik untuk dibaca. Semua proses penyuntingan akan dilakukan melalui kerjasama langsung dengan Anda.
  • Kami menerima tulisan-tulisan yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya dengan catatan kami akan menyarankan sejumlah hal untuk menjaganya agar tetap memiliki konteks dengan situasi terkini. Tulisan tersebut akan Anda revisi sehingga menjadi tulisan baru bagi jurnal Karbon.
  • Anda bisa membaca tulisan-tulisan di jurnal Karbon sebelumnya untuk mendapatkan rasa dan gaya tulisan.
  • Semua proses pengiriman naskah dan penyuntingan dilakukan melalui e-mail editor@karbonjournal.org. Jika diperlukan, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, kami bersedia bertemu dan mendiskusikan rencana tulisan Anda secara langsung.