-A A +A
Versi ramah cetakPDF version

PANDUAN PENULISAN

admin
18 April 2011


TULISAN UNTUK HALAMAN FOKUS
Kami menentukan tema pada Fokus yang berisi lima tulisan untuk setiap peluncuran. Berdasarkan tema tersebut, kami menentukan kontributor dan narasumber yang akan kami ajak bekerjasama. Namun, kami tetap membuka ruang seluas-luasnya bagi Anda untuk turut serta dalam penerbitan setiap edisi baru tersebut.

TULISAN UNTUK HALAMAN ARTIKEL
Jurnal Karbon menyediakan halaman bagi Anda yang ingin menulis artikel yang tidak berhubungan dengan tema Fokus kami. Tulisan Anda akan kami letakkan dalam halaman Artikel, dengan tidak menutup kemungkinan bahwa tulisan Anda bisa menginspirasi kami untuk menyusun tema baru bagi Fokus.

TENTANG PENULISAN ARTIKEL DAN FOKUS

  1. Semua tulisan di jurnal Karbon bersifat copyleft. Tulisan Anda bisa saja diambil orang lain untuk berbagai kepentingan. Kami berharap Anda tidak bermasalah dengan itu karena kami percaya bahwa informasi seharusnya gratis dan terbuka bagi siapa saja.
  2. Kami mempersilakan Anda mengambil tulisan-tulisan kami selama digunakan untuk keperluan pendidikan dan bukan untuk tujuan komersial. Harap cantumkan nama Jurnal Karbon sebagai sumber, judul tulisan, nama penulis, dan waktu penerbitan secara lengkap.
  3. Kami mengutamakan pernyataan, argumentasi, gagasan, dan refleksi pada tulisan yang berdasarkan pada fenomena sehari-hari dengan latar pemikiran yang kuat, jelas, dan tertata. Kami menghindari pemaparan informasi, teori, dan referensi berlebihan yang tidak berhubungan langsung dengan inti permasalahan.
  4. Kami menyukai tulisan dengan gaya bahasa yang bersahabat, bercerita, komunikatif, ceria, bahkan jika perlu penuh humor dan satir, sehingga mudah dimengerti dan nyaman bagi pembaca. Ubahlah istilah-istilah akademis dengan kata lain yang sepadan dan umum bagi khalayak luas.
  5. Gunakanlah bahasa Indonesia yang kaya. Ubahlah kata saduran bahasa asing dengan kata Indonesia yang masih memiliki padanan kata yang tepat, karena pada akhirnya tulisan Anda akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh tim redaksi kami. Jika diperlukan dalam tulisan, Anda bisa menggunakan istilah-istilah bahasa daerah atau dialek tertentu untuk memperkaya bahasa.
  6. Semua kutipan dan data penunjang pada tulisan Anda harus didapatkan secara legal. Kutipan personal harus mendapatkan izin dari narasumber.
  7. Kami menyediakan Surat Tugas untuk proses penulisan Anda jika memang diperlukan.
  8. Kami menitikberatkan pada isi tulisan, sehingga tidak masalah bagi kami jika tulisan Anda sebelumnya pernah dimuat di media lain; hanya saja, kami akan mengurangi nilai honorarium Anda sebagaimana yang akan diterangkan selanjutnya. Untuk menyertakan tulisan Anda yang pernah menjadi bagian dari sebuah buku, kami mengharapkan kerjasama Anda untuk terlebih dahulu menyelesaikan izin penerbitan ulang dengan penerbit buku Anda.
  9. Redaksi berhak menyunting isi tulisan tanpa mengubah arti. Seluruh proses penyuntingan akan kami konsultasikan dengan Anda.
  10. Sebutkan sumber tulisan Anda secara lengkap pada catatan kaki. Jika sumber tersebut berasal dari media online, sertakan alamat URL-nya serta tanggal akses.
  11. Panjang tulisan maksimal 3.000 kata, tanpa menghitung catatan kaki. Jika melebihi batasan tersebut, kami akan mempertimbangkannya lagi dan berdiskusi dengan Anda.
  12. Sertakan data-data penunjang berupa foto dengan resolusi 300 dpi dan keterangan foto untuk setiap tulisan Anda. Sertakan pula biografi singkat Anda dengan bentuk penulisan yang bisa Anda lihat di halaman Kontributor Kami. Karena ini jurnal online, Anda bisa terus memperbarui biografi Anda dengan mengirimkan informasi terbaru pada kami.
  13. Sertakan nomor rekening bank Anda. Tulisan yang dimuat dalam Fokus akan mendapat honor sebesar Rp750.000. Sementara tulisan yang dimuat dalam Artikel akan mendapat honor sebesar Rp500,000. Untuk penerbitan tulisan yang pernah dimuat sebelumnya di media lain, Anda akan mendapatkan honor sebesar Rp300.000. Honor akan Anda terima pada tanggal 27 di bulan tulisan Anda diterbitkan.
  14. Tulisan Anda dapat kami gunakan dalam bentuk publikasi cetak berbentuk buku tanpa perlu memberi honor tambahan. Kami memiliki rencana untuk membukukan sejumlah tulisan terpilih di masa depan. Semua informasi tentang pemuatan kembali tulisan-tulisan tersebut dalam bentuk buku akan kami konfirmasikan sebelumnya kepada Anda dan kami akan memberikan satu eksemplar buku tersebut kepada Anda secara cuma-cuma, serta mengundang Anda pada peluncuran buku. Honor tambahan hanya akan kami berikan jika kami mengundang Anda menjadi pembicara.
  15. Tulisan Anda, baik dalam tulisan di halaman Artikel, Fokus, Foto, maupun Bioskop Kita, dapat kami kutip tanpa perlu memberikan honor tambahan, untuk keperluan publikasi lain di luar buku, yaitu sebagai kaos, kartu pos, stiker, maupun iklan di media cetak lain. Teks yang diambil akan berupa kutipan satu kalimat hingga satu paragraf dari tulisan Anda, yang kami anggap dapat mewakili citra Karbonjournal.org dalam publikasi non-buku tersebut. Kami akan memberikan satu eksemplar dari masing-masing material sebagai ucapan terimakasih atas kontribusi Anda.
  16. Anda kami persilakan memublikasikan di media lain—baik di media online maupun cetak—tulisan Anda yang pernah kami terbitkan. Untuk kepentingan pencatatan dan pengarsipan kami, harap informasikan perihal penerbitan itu kepada kami.
  17. Semua materi dapat Anda kirimkan ke e-mail: editor@karbonjournal.org


 






TENTANG FOTO
Anda bisa turut mengirimkan foto-foto terbaru kota Anda di Indonesia. Halaman Foto bertujuan menunjukkan ragam perubahan di berbagai kota—baik itu keberadaan bangunan tua yang dijadikan bangunan komersial, fenomena visual baru di jalan, dari patung-patung aneh sampai tulisan absurd di angkutan umum, juga profesi informal mutakhir, maupun hal-hal aneh, lucu, dan tidak masuk akal yang terjadi dalam ruang kota. Adanya penanda dalam foto tersebut yang mengarah ke kota di mana Anda mengambil foto itu, adalah poin tersendiri.

  1. Foto diharapkan merekam apa yang semula tidak ada dan kini ada, sebagai sebuah perkembangan terkini yang terjadi dalam ranah visual dan fenomena kota.
  2. Foto melaporkan hal unik yang tak biasa atau tak semestinya terjadi di sebuah kota itu sendiri.
  3. Foto merekam hal-hal yang sejak dulu sampai sekarang tidak juga mengalami perubahan, sebagai sarana pengingat bahwa masih banyak permasalahan di kota kita yang belum rampung diselesaikan.
  4. Dalam fotonya, pemotret dapat melakukan interpretasi atas fenomena kota yang sekilas tak bermasalah, luput dari pandangan orang kebanyakan yang tak menyadari hal tersebut.
  5. Foto sebaiknya dipotret oleh warga kota tersebut; hal ini penting untuk menghindari kemungkinan eksotisisme dalam melihat fenomena kota.
  6. Perubahan di sebuah kota terkadang tidak sama dengan perubahan di kota lain. Bisa saja suatu fenomena sudah umum terjadi di kota lain namun merupakan hal yang baru di kota tersebut; hal ini tetap penting untuk diperhatikan karena pada akhirnya kita bisa melihat kronologi dan persebaran perubahan serta permasalahan antarkota.
  7. Foto yang dikirim adalah foto terbaru, atau Anda dapat memastikan bahwa apa yang Anda foto masih ada atau masih terjadi hingga saat pengiriman.
  8. Format foto adalah landscape. Kirimkan dengan resolusi memadai untuk tampilan situs.
  9. Sertakan lokasi, tanggal pemotretan, dan keterangan foto sepanjang 1-2 paragraf sebagai bahan editor untuk menuliskan keterangan foto pada halaman Foto. Sertakan pula identitas diri dan nomor rekening bank Anda.
  10. Dalam sebulan kami memuat 4 foto. Foto akan diterbitkan setiap Senin. 
  11. Bila foto Anda terpilih oleh redaksi, Anda akan mendapatkan honor sebesar Rp100.000. Honor akan Anda terima pada tanggal 27 di bulan foto Anda diterbitkan. Kirimkan foto melalui e-mail ke: editor@karbonjournal.org