-A A +A
Versi ramah cetakPDF version

REDAKTUR

admin
18 April 2011


Ardi Yunanto | redaktur
Lahir di Jakarta, 21 November 1980. Setelah lulus dari jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Nasional di Malang, Jawa Timur, ia kembali ke Jakarta pada 2003, kota di mana ia dibesarkan. Sejak 2004 bergabung dengan ruangrupa dan sejak 2007 menjadi redaktur untuk Karbonjournal.org ini. Selain menulis dengan sangat tidak produktif, ia bekerja lepas sebagai penyunting, peneliti, desainer grafis, penyelenggara pameran, sambil terus meluangkan waktu menulis fiksi.

Farid Rakun | redaktur
Lahir di Jakarta pada 1982, ia belajar arsitektur di Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada 2000 - 2005. Setelah terjun ke industri konstruksi selama empat tahun dan menjadi tukang gambar di Bali, New Orleans, dan Phnom Penh, ia memutuskan untuk rehat. Selain menjadi redaktur Jurnal Karbon sejak Januari 2010, saat ini ia menjadi asisten dosen di almamaternya.

Roy Thaniago | redaktur
Roy Thaniago adalah seorang peminat studi kesenian dan kebudayaan. Pendidikan formal di bidang musik ia tempuh di Universitas Pelita Harapan dan Pascasarjana ISI Surakarta; yang terakhir tidak selesai. Lelaki kelahiran 1986 yang besar di Petojo, Jakarta, ini bekerja serabutan pada bidang musik, tulis-menulis, dan pengecer jasa lainnya. Ia pernah bekerja di Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) pada Divisi Kebudayaan. Dan di Remotivi, sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan televisi, ia bekerja sebagai Koordinator. Kini, sejak April 2011, ia turut merawat karbonjournal.org sebagai redaktur.

Rika Febriyani | penulis
Rika Febriyani lahir dan tinggal di Jakarta. Memelajari kota mulai dari jurusan Planologi pada salah satu perguruan tinggi, beberapa instansi pemerintah dan swasta, dan terutama dalam keseharian masyarakat. Sejak beberapa tahun ia mencoba fokus untuk menelaah makna elemen-elemen kota, seperti trotoar, toilet, toko buku, taman, halte bus, cemilan, dan sejenisnya. Catatan seputar ketertarikan ini, di antaranya termuat di www.rujak.org dan www.beritabandoeng.com. Sejak Agustus 2011, ia menjadi penulis tetap Karbonjournal.org.



 




Ifan Adriansyah Ismail | kolomnis
Ia mengaku sebagai manusia diaspora. Meskipun baru lahir pada 16 Oktober 1979 dan hanya menjalani hidup di empat kota (Malang, Surabaya, Bandung, Jakarta), berani-beraninya ia merasa diri pengembara. Hal itu lebih disebabkan karena di keempat kota itu, tidak ada satupun yang bisa membuatnya menganggap salah satunya sebagai kampung halaman. Bisa jadi ia manusia bebas, bisa juga manusia tanpa rumah. Maka tidak heran jika pekerjaannya banyak dan berpindah-pindah. Ia pernah menulis acara komedi di televisi selama empat tahun. Sekarang, ia mengajar penulisan dan penyusunan skenario cerita komik di Akademi Samali dan menjadi redaktur bungsu di Rumahfilm.org. Kini ia menambah deretan pekerjannya dengan menulis kolom di Karbonjournal.org, hadir setiap bulan menemani Anda.

Eko S. Bimantara | ilustrator kolom
Lahir di Jakarta 30 Mei 1988, ia tinggal dan menempuh pendidikan dasar dan menengah di Cileungsi, Bogor. Saat ini ia sedang kuliah di jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta. Aktif berkarya sejak 2004, mendalami ilustrasi kartun, komik dan karikatur sejak 2006 hingga sekarang, ia lalu bergabung dalam Serrum, komunitas Seni Rupa dan pendidikan di Jakarta Timur sejak 2008. Komiknya, telah diterbitkan sebagai buku dalam KRL (Komik Rada Lucu): Guru Berdiri Murid Berlari (Gradien, 2009).

Rani Elsanti | penerjemah
Penerjemah dan editor lepas, lahir di Bandung, 10 November 1973. Sewaktu masih remaja pemarah, ia bawel menyatakan kebenciannya pada kota-kota besar, terutama Jakarta—tapi itu sebelum dia tahu bahwa ada lebih banyak penerbitan di Jakarta daripada di kota-kota lain di Indonesia (mungkin kecuali di Yogyakarta). Kesukaannya pada buku, bahasa, dan kata-kata (dalam urutan itu) mengatasi segala ketidaksukaan lainnya dan membawanya ke ibukota, tempat dia sekarang bisa ditemui cengengesan di metromini, menonton hiruk-pikuk kehidupan kota, dalam perjalanan ke rapat-rapat editorialnya. Dia masih percaya bahwa Jakarta kota gila, tapi kini sadar bahwa kegilaan itu pandemik. Bagaimana pun, semua kota bahagia mirip satu dengan lainnya, tapi kota gila, gila dengan caranya sendiri-sendiri.

Ilham | webmaster
Lahir di Jakarta, 15 Agustus 1980. Lulus dari Bina Nusantara Jakarta pada 2004. Semenjak itu, ia melanglang buana dari kantor satu ke kantor lainnya dengan bekerja sebagai desainer grafis, desainer multimedia, desainer web, atau web programmer. Saat ini ia bekerja sebagai webmaster lepas dan hidup bahagia bersama seorang istri yang mengharmoniskan hidupnya.