-A A +A
Versi ramah cetakPDF version

TENTANG JURNAL KARBON

admin
17 April 2011

Karbon adalah jurnal online yang membahas permasalahan urban dan budaya visual dalam ruang kota di Indonesia secara multidisiplin, serta menelaah berbagai praktek seni rupa kontemporer yang lahir di dalam dan mengenai ruang urban demi memetakan hubungannya dengan fenomena sosial.

Diterbitkan sejak 2000 oleh ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa kontemporer di Jakarta, jurnal Karbon telah menerbitkan 7 edisi cetak dalam format dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Setelah enam tahun membahas berbagai permasalahan seni rupa kontemporer, pada 2007 jurnal Karbon mengembangkan diri menjadi jurnal online yang lebih terbuka pada berbagai permasalahan urban.

Dari sudut pandang seni rupa pada jurnal Karbon dalam media cetak, kami memperluas pengertian seni rupa menjadi seni visual, ruang publik, dan masyarakat kota itu sendiri. Melalui jurnal dalam bentuk online ini, keberluasan, kedalaman, kecepatan, dan ketercapaian publik dapat berlangsung lebih sinergis. Di zaman yang semakin kompleks ini, kita perlu melihat segala sesuatu lebih menyeluruh dan dibutuhkan kajian-kajian merinci mengenai banyak hal. Kami percaya bahwa kota perlu dihidupi sekaligus dikritik tanpa sudut pandang hitam-putih, namun dengan menghargai individu masyarakat yang memiliki sejarah personalnya sendiri. Kami ingin memberikan pilihan, bahwa kritik atas urban juga bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Baik melalui permasalahan kota yang terkait dengan visual kota, arsitektur, ruang publik kota, profesi, perubahan gaya hidup, sejarah, maupun bagaimana kota dilihat dari berbagai karya visual, seperti karya seni rupa publik, film, komik, program televisi, stiker, poster dan banyak karya visual lain yang yang lahir di dalam dan mengenai ruang kota. Semuanya untuk dikaji secara kritis dan tajam.

Jurnal Karbon adalah jurnal mandiri. Kami menyediakan ruang untuk tulisan-tulisan yang kritis, fokus, benar, dan dalam. Kami menerima tulisan-tulisan yang tidak mungkin dimuat dalam media massa lain, terkait dengan berita yang rawan dan kedalaman isi yang tidak mungkin ditampung dalam ruang media massa lain yang terbatas. Kami mendambakan penulis-penulis yang berani menyatakan gagasan, argumentasi, refleksi, dengan gaya bahasa yang bersahabat. Kami menanti kerjasama Anda untuk memperluas wawasan, agar bersama-sama kita mampu menjadi kritis memaknai perkembangan hidup kita di berbagai kota Indonesia.

Jurnal Karbon diterbitkan oleh ruangrupa, sebuah artists’ initiative yang didirikan pada 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Organisasi nirlaba yang bergiat mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, workshop, penelitian dan penerbitan jurnal.


ruangrupa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6
Jakarta 12820. Indonesia.
T/F: +62 21 8304220
e-mail ruangrupa: info@ruangrupa.org
website ruangrupa: www.ruangrupa.org

e-mail Karbon: editor@karbonjournal.org